Senin, 25 April 2011

Menahan Kencing (di Kereta)

Perjalanan dengan kereta api, baik menuju ke Jakarta maupun ke Yogya, paling tidak memakan waktu 10 jam. Salah satu kondisi yang sering dialami oleh anggota laskar adalah keadaan ingin pipis. Dalam rentang waktu 10 jam tersebut, menurut para ahli kesehatan, normalnya, manusia akan merasa ingin pipis dua kali atau setiap 5 jam, namun berbeda dengan yang banyak minum maka mungkin dalam rentang waktu tersebut akan merasa ingin pipis lebih dari dua kali.
Kereta dengan segala kondisi keterbatasannnya, biasanya akan membuat anggota laskar enggan menggunakan toiletnya untuk sekedar membuang air kecilnya. Alasan-alasan, antara lain kebersihan toilet danketidaknyamanan jalur menuju ke toilet (karena lorong/gangnya dipenuhi penumpang yang tidak medapatkan tempat duduk)terkadang membuat sebagian dari anggota laskar untuk memilih menahan kencing. Akibatnya sebagian dari anggota laskar yang memilih untuk menahan pipis.
Menahan pipis, jika dilakukan terus-menerus akan berbuah penyakit. Sebuah artikel di dalam tempointeraktif.com, menyatakan demikian. Penyakit yang akan menghampiri orang yang sering menahan pipis adalah saluran kencing. "Jadinya infeksi saluran kencing," ujar Profesor Dr. Junizaf, SpOG (K). Seperti ditulis tempointeraktif.com, menurut Dr. Junizaf, infeksi saluran kencing ini mengundang penyakit. Selain infeksi saluran kencing, pada perempuan yang sudah menikah akan menimbulkan trauma. Penderita yang mengalami gangguan akan merasakan lebih sering kencing, nyeri, saat kencing merasa sakit, panas saat kencing, punggung pegal, dan bagi yang parah bisa terjadi demam. Jika lebih parah, si penderita gangguan kencing bisa terkena batu ginjal. Menurutnya, perempuan lebih sering menahan kencing dan mengalami infeksi dibanding laki-laki. Laki-laki jarang menahan kencing karena saluran kencingnya lebih panjang dibanding perempuan.
Jika Anda termasuk orang yang tidak nyaman ketika akan atau menggunakan toilet kereta api dan supaya kita bisa terhindar dari menahan pipis dalam kondisi tersebut (naik kereta api) maka ikutilah tip-tip berikut ini :
  1. Pipislah sesaat sebelum kereta berangkat di toilet stasiun tempat kita akan memulai perjalanan dengan kereta api;
  2. Jangan terlalu banyak minum ketika akan berangkat dan selama dalam perjalanan kereta api;
  3. Jangan makan dan minum yang mengandung asam, kafein atau berkarbonasi, karena ini cepat merangsang kebelet pipis.
  4. Apabila kita diharuskan minum obat, maka minumlah agak jauh sebelum kereta berangkat, karena obat-obatan memicu naiknya frekuensi buang air kecil;
  5. Yang penting adalah, jika kita terasa ingin pipis segeralah menuju toilet kereta, karena ini hanyalah satu-satunya cara mencegah dari penyakit yang disebutkan di atas tadi
  6. Saya tidak menyarankan bawa botol bekas air minum atau plastik untuk tempat pipis.

by Mas Nank Garjito

2 komentar:

  1. dan jangan pipis di kursi anda karena bikin bau...

    BalasHapus
  2. @ agus hp: wekekek

    saya biasanya kalau malam mesti bawa minum minimal 600 ml yaa pipisnya 2 kali lah

    BalasHapus